Cara Install Nginx di Ubuntu

Nginx adalah high-performance webserver. Banyak pengguna lebih memilihnya daripada Apache karena waktu render halaman yang cepat dan pemanfaatan memori yang rendah, menjadikannya sangat cocok untuk VPS kecil dan besar. Nginx kompatibel dengan HTML, PHP, dan banyak media lainnya.

Install nginx

apt-get adalah program yang mengelola semua repositori Debian beserta turunannya untuk Anda. Fungsi utamanya adalah menginstal dan menghapus paket dari sistem Anda.

Untuk menginstal nginx, ketikkan perintah berikut ini:

sudo apt-get update && sudo apt-get install nginx -y

Merubah direktori default

Secara default, Nginx akan menyajikan konten yang terletak di /usr/share/nginx/www. Untuk mempermudah pembaruan update, kami akan mengonfigurasi nginx untuk menyajikan konten dari lokasi seluruh sistem. Untuk melakukan ini, kami menjalankan:

sudo nano /etc/nginx/sites-enabled/default

Cari baris ini

root /usr/share/nginx/www;

rubah seperti ini

root /var/www/public_html;

Tekan control+x, y, lalu enter. Sekarang, kita akan membuat direktori kerja baru dan kemudian menyalin isi direktori lama ke direktori baru kita:

sudo mkdir -p /var/www/public_html

sudo cp /usr/share/nginx/www/* /var/www/public_html/ 

Kita perlu memastikan bahwa nginx yang telah kita install dapat membaca dan menulis ke direktori kerja.

sudo chown -R www-data:www-data /var/www

Terakhir restart Nginx

sudo service nginx restart

Verifikasi nginx sedang berjalan

Arahkan ke VPS Anda di browser, dan jika Anda melihat “Selamat datang di nginx!”, Nginx berfungsi dengan benar! Sekarang Anda dapat memodifikasi situs web Anda dengan mengubah file di root webserver yang telah kami jelaskan.

Sumber Ramnode

Leave a Comment